Tingkatkan Kapasitas Pembangunan Strategis, Adhi Karya Tambah Modal Dasar

Tingkatkan Kapasitas Pembangunan Strategis, Adhi Karya Tambah Modal Dasar
Image Source by cnnindonesia.com

Tingkatkan Kapasitas Pembangunan Strategis, Adhi Karya Tambah Modal Dasar

“ADHI melakukan penambahan modal dasar melalui perubahan anggaran dasar dengan tujuan untuk menjaga saham portepelnya.”

Pada Kamis, 21 April 2022 lalu, PT Adhi Karya (Persero) Tbk. menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Dalam RUPS ini, Adhi Karya sepakat untuk melakukan penambahan modal dasar melalui perubahan anggaran dasar.

Salah satu alasan dilakukannya penambahan modal dasar tersebut ialah untuk mendukung percepatan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN). Hal ini disebabkan bahwa kinerja perseroan akan menjadi lebih efektif dan efisien dengan adanya penambahan modal ini.

Selain itu, penambahan modal juga dilakukan dalam rangka penyesuaian Klasifikasi Baku Lapangan Indonesia (KBLI) 2020.

KBLI adalah panduan penentuan jenis kegiatan usaha berdasarkan lapangan usaha yang digunakan sebagai acuan standar dan alat koordinasi, integrasi dan sinkronisasi penyelenggaraan statistik, penentuan klasifikasi atau identifikasi bidang usaha, acuan untuk mendaftarkan dan memperoleh legalitas usaha di Indonesia, acuan untuk menentukan perizinan investasi/penanaman modal yang boleh dilakukan, dan acuan identifikasi bidang usaha untuk pendaftaran Wajib Pajak.

Dengan dilakukannya penyesuaian KBLI sebagai bentuk integrasi dan penyamaan data lapangan usaha Indonesia, maka hal tersebut diharapkan memberikan Adhi Karya kemudahan dalam melakukan perizinan dalam menjalankan keseluruhan usahanya kedepannya.

Adapun bahwa penambahan modal ini sejatinya merupakan tindak lanjut atas RUPS tahunan yang telah dilakukan sebelumnya.

“Sebagai tindak lanjut dari persetujuan penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu tersebut, ADHI melakukan penambahan modal dasar melalui perubahan anggaran dasar dengan tujuan untuk menjaga saham portepelnya,” jelas Corporate Secretary ADHI, Farid Budiyanto dalam keterangan resmi Senin (25/4/2022).

Harapnya, Adhi Karya dapat memberikan dampak yang meluas (multiplier effect) terhadap upaya percepatan pembangunan PSN dengan adanya penambahan modal ini.

 

AA

Dipromosikan