Kupas Tuntas Menjalankan Usaha Waralaba (Franchise)

Kupas Tuntas Menjalankan Usaha Waralaba (Franchise)

Kupas Tuntas Menjalankan Usaha Waralaba (Franchise)

Waralaba (franchise) adalah perikatan antara Pemberi Waralaba dengan Penerima Waralaba dimana Penerima Waralaba diberikan hak untuk menjalankan usaha dengan memanfaatkan dan/atau menggunakan hak kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki Pemberi Waralaba dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh Pemberi Waralaba dengan sejumlah kewajiban menyediakan dukungan konsultasi operasional yang berkesinambungan oleh Pemberi Waralaba kepada Penerima Waralaba.

Di Indonesia bentuk usaha bisnis ini juga berkembang dengan pesat, dimana bentuk usaha franchise ini banyak digunakan dalam usaha fast food restaurant seperti Kentucky Fried Chicken, Pizza Hut, Mc Donald, Hotel dan jasa penyewaan mobil.

Melihat perkembangan yang ada di Indonesia terhadap usaha Waralaba (Franchise), maka diperlukan adanya kepastian hukum dan perlindungan hukum bagi pelaku usaha terutama bagi franchisee terhadap tindakan franchisor yang merugikan franchisee. Selain itu, pemahaman mengenai kriteria bisnis yang dapat didaftarkan sebagai franchise sangat penting bagi pelaku usaha, karena banyak usaha yang mengaku sebagai franchise namun kerjasama yang dilakukan adalah kerjasama non-franchise karena usahanya tidak masuk dalam kriteria yang dapat didaftarkan sebagai franchise.

Selain itu bagi pengusaha yang ingin menjalankan usaha waralaba, maka perlu mengetahui cara-cara menjalankan waralaba dan dasar hukum yang dapat dijadikan pedoman.

Berangkat dari kebutuhan tersebut, Kliklegal.com akan menyelenggarakan Friday I’m In Law Series: ”Kupas Tuntas Menjalankan Usaha Waralaba (Franchise)”, yang akan dilaksanakan pada Jumat, 22 Juli 2022 melalui platform Zoom Webinar. Dengan Narasumber Sekar Ayu Primandani, Partner BP Lawyers.

Kami membuka pendaftaran Friday I’m In Law Series, terutama bagi Perusahaan, Pengusaha, Legal staff dan Masyarakat Umum. Jika Anda tertarik, silahkan klik link berikut:

Dipromosikan