Pemerintah akan Buat Bursa Aset Kripto dalam Waktu Dekat, Apa itu?

Pemerintah akan Buat Bursa Aset Kripto dalam Waktu Dekat, Apa itu?

“Bursa kripto ini nantinya akan menghubungkan mulai dari konsumen, pelaku industri, regulator, kliring, dan berbagai pihak lainnya dalam kegiatan perdagangan aset kripto.”

Perkembangan perdagangan aset kripto di Indonesia saat ini bisa dibilang sangatlah pesat. Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengungkapkan bahwa pada 2021, total nilai transaksi aset kripto mencapai Rp859,4 triliun atau meningkat 1.224 persen dibandingkan pada 2020 yang tercatat Rp64,9 triliun. Peningkatan terhadap transaksi aset kripto ini sejalan dengan tekanan ekonomi global yang terimbas konflik Rusia-Ukraina.

Menanggapi hal ini, Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, mengatakan bahwa Indonesia saat ini tengah berencana mempersiapkan beberapa lembaga untuk keperluan untuk mendukung serta mengawasi ekosistem aset kripto di Indonesia kedepannya. Salah satu lembaga yang dimaksud adalah bursa aset kripto.

“Pemerintah Indonesia tengah dalam proses mendirikan bursa aset kripto, lembaga kliring, dan kustodian untuk mendukung ekosistem aset kripto Indonesia. Selanjutnya, pemerintah akan terus memantau perkembangan nilai transaksi dan nasabah yang luar biasa ini sehingga perdagangan aset kripto di Indonesia tetap berada pada koridor yang benar,” jelas Jerry, Sabtu (16/7/2022).

Bursa kripto ini nantinya akan menghubungkan mulai dari konsumen, pelaku industri, regulator, kliring, dan berbagai pihak lainnya dalam kegiatan perdagangan aset kripto. Menurut Ketua Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo), Teguh K Harmanda, para pedagang kripto ilegal akan semakin mudah terdeteksi dengan adanya bursa kripto. Demikian adanya bursa kripto ini dapat memberikan ekosistem yang sehat terhadap perdagangan aset kripto di Indonesia.

Sebelumnya Kementerian Perdagangan merencanakan bursa kripto Indonesia meluncur pada kuartal pertama 2022. Akan tetapi, hingga saat ini masih belum terdapat tanggal pasti mengenai kapan peluncuran bursa kripto Indonesia dilaksanakan.

Diketahui dalam informasi terakhir bahwa Bappebti, sebagai badan pengawas komoditi kripto, masih dalam proses untuk melakukan finalisasi terhadap calon kliring dan kustodian dari bursa kripto ini. Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti Tirta Karma Senjaya memperkirakan bursa kripto ini bisa terwujud sebelum akhir tahun 2022 ini.

AA

Dipromosikan