Tengah dalam Pembahasan, Mandiri Berencana Akuisisi Prima Bank

Tengah dalam Pembahasan, Mandiri Berencana Akuisisi Prima Bank

Tengah dalam Pembahasan, Mandiri Berencana Akuisisi Prima Bank

“Hingga saat ini tidak ada kejelasan resmi oleh pihak Bank Prima Master terkait rencana aksi korporasi dari Jianpu maupun Bank Mandiri ini.”

Dilansir dari DealStreetAsia, PT Bank Mandiri Tbk dikabarkan sedang bersiap-siap untuk mengakuisisi Bank Prima Master. Rencana ini digadang-gadang sudah berada dalam tahapan pembahasan internal perseroan Bank Mandiri.

“Pembicaraan antara Bank Prima Master dan Bank Mandiri saat ini sedang dalam tahap pertengahan hingga lanjutan, tetapi belum ada keputusan akhir yang dibuat oleh salah satu pihak,” dikutip dari DealStreetAsia, Selasa, (09/08/2022).

Sebelumnya, terdapat pula sebuah perusahaan teknologi keuangan asal China, Jianpu Technology, yang diketahui juga berencana untuk mengakuisisi saham minoritas di Bank Prima Master. Dalam prospektus Juanpu di laman SEC.gov, Jianpu (Hongkong) Limited per 2017 merupakan anak usaha dari Jianpu Technology Inc (JT).

“Jianpu masih dipahami dalam pembicaraan, diskusi dengan Bank Mandiri dikatakan bergerak lebih cepat. Bank Prima Master juga dapat mengumumkan rights issue jika kesepakatan ini terwujud, dan Bank Mandiri diyakini sedang dalam diskusi untuk berlangganan masalah tersebut,” lanjut sumber tersebut.

Kendati demikian, hingga saat ini tidak ada kejelasan resmi oleh pihak Bank Prima Master terkait rencana aksi korporasi dari Jianpu maupun Bank Mandiri ini.

“Pembicaraan antara Bank Prima Master dan Bank Mandiri saat ini sedang dalam tahap pertengahan hingga lanjutan, tetapi belum ada keputusan akhir yang dibuat oleh salah satu pihak,” tambah sumber tersebut.

Adapun jika melihat pada pernyataan perseroan beberapa waktu lalu, Bank Mandiri memang membuka peluang terhadap pengakuisisian bank-bank kecil untuk selanjutnya ditransformasikan sebagai bank digital. Hal ini disampaikan oleh Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri, Sigit Prastowo.

“Rencana akuisisi bank kecil untuk dihadirkan bank digital ada, kami tidak menutup peluang itu,” ujarnya dilansir CNBC, Selasa, (09/08/2022).

Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi, juga menyampaikan hal yang serupa. Menurutnya, selama hal tersebut memberikan manfaat bagi pemegang saham, maka mungkin saja aksi korporasi tersebut dilakukan perseroan.

“Ke depannya jika kami akan aksi korporasi pasti hal tersebut akan berikan value added bagi pemegang saham dan yang akan dilakukan berdasarkan pertimbangan bisnis dan asas transparansi yang berlaku,” tuturnya dilansir CNBC, Selasa, (09/08/2022).

 

AA

Dipromosikan