3 Tips yang Harus Diperhatikan Saat Pengajuan PKPU

0
554
3 Tips yang Harus Diperhatikan Saat Pengajuan PKPU

3 Tips yang Harus Diperhatikan Saat Pengajuan PKPU

Upaya hukum PKPU dapat memberikan kepastian pelunasan piutang kreditur dan  memakan waktu jauh lebih cepat dibandingkan upaya hukum perdata.

Setiap usaha atau perusahaan membutuhkan modal untuk dapat beroperasi, hal ini akhirnya menuntut pelaku usaha untuk memutar otak bagaimana cara mendapatkan uang agar usahanya tetap berjalan. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan anggaran belanja suatu perusahaan adalah dengan melakukan perjanjian utang-piutang dengan kreditur.  Sayangnya, dalam praktiknya perjanjian utang-piutang tidak selalu berjalan baik.

Bagus Wicaksono, Founder Andreas Bagus & Partner Advocates kepada Kliklegal menjelaskan dalam prakteknya ada tiga kemungkinan yang terjadi dalam masalah utang-piutang. Pertama, debitur memiliki iktikad baik dan membayarkan seluruh utangnya kepada kreditur. Kedua, debitur tidak mampu membayarkan utang-utangnya kepada kreditur. Ketiga, debitur berhenti membayar utangnya karena tidak ingin melakukan pelunasan utang kepada kreditur.

Untuk memberikan kepastian pelunasan piutang kreditur dapat melakukan upaya hukum permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU). “Hal ini dikarenakan apabila seorang kreditur melakukan upaya hukum melalui gugatan perdata dengan objek sengketa wanprestasi, proses penyelesaian sengketa sampai tahap eksekusi putusan akan memakan waktu yang sangat lama. Dengan menggunakan upaya hukum perdata wanprestasi, proses eksekusi suatu sengketa bisa dibawa sampai tahap Peninjauan Kembali (PK). Berbeda dengan proses penyelesaian sengketa melalui permohonan PKPU, Majelis Hakim harus memutus sengketa tersebut dalam waktu 20  hari setelah permohonan PKPU diterima,” ujar Bagus pada Kamis (11/03),

         Setelah bergelut dalam bidang ini selama kurang lebih 5 tahun, Bagus turut membagikan tips yang didapat dari pengalamannya mengenai apa saja yang perlu diperhatikan pada saat pengajuan permohonan PKPU ke Pengadilan Niaga.

Pertama, harus terpenuhinya para pihak dalam proses pengajuan permohonan PKPU. Dalam upaya hukum PKPU unsur jumlah kreditur harus mencapai minimal 2 orang yang ikut serta. Berbeda dengan koridor kamar perdata dengan gugatan wanprestasi yang dapat dimintakan pertanggung jawabannya perorangan, dalam permohonan PKPU mensyaratkan agar terpenuhinya unsur 2 orang kreditur yang pembayaran utangnya sudah jatuh tempo dan dapat dimintakan pembayaran terhadap debitur. Hal ini menjadi unsur yang penting bagi Majelis Hakim dalam mempertimbangkan menerima atau menolak suatu permohonan PKPU.

Kedua, proses pembuktian harus sederhana. Apabila Majelis Hakim menilai bahwa pembuktian yang diajukan oleh para pihak tidak lengkap, sehingga mengakibatkan adanya pembuktian yang pelik maka besar kemungkinan permohonan tersebut akan ditolak. Pembuktian yang sederhana bisa dilihat dari bukti-bukti yang diajukan oleh para pihak. Misalkan apabila dilihat dari sisi kreditur, bagaimana invoice yang dimilikinya, apakah invoice-nya lengkap. Dari invoice tersebut dapat dilihat apakah benar suatu utang sudah jatuh tempo dan bisa dimintakan pembayaran. Kemudian apakah ada tanda terima dari invoice tersebut.

Ketiga, harus adanya unsur keterjaminan pembayaran kepada kreditur. Pelunasan pembayaran utang kepada kreditur akan kembali kepada seberapa besar aset yang dimiliki oleh debitur. Dalam hal debitur tidak ingin dinyatakan pailit demi tidak dilikuidasi asetnya, maka yang bersangkutan menyampaikan proposal rencana perdamaian yang berisi mengenai bagaimana jaminan pembayaran utangnya kepada kreditur.

“Perlu dijelaskan secara detail mengenai jaminan pembayaran secara jelas, bukan sekedar angan-angan, namun memang proposal yang dapat mereka bayarkan. Jaminan ini bisa dari aset pribadi, backup investor, pokoknya jaminanya harus bersifat real,” ujar Bagus.

Perlu diketahui, dalam hal Majelis Hakim merasa bahwa tidak adanya jaminan pembayaran utang kepada kreditur, besar kemungkinan permohonan PKPU ditolak dan terhadap debitur langsung dinyatakan debitur pailit.

BEL

Dipromosikan

TINGGALKAN JAWABAN

Masukkan komentar Anda!
Mohon masukkan nama Anda di sini

*