Tips untuk Praktisi Hukum Mempertahankan Karir di Zaman Teknologi

0
185
Tips untuk Praktisi Hukum Mempertahankan Karir di Zaman Teknologi

Tips untuk Praktisi Hukum Mempertahankan Karir di Zaman Teknologi

Teknologi jangan dilihat sebagai kompetitor, tetapi investasi untuk bisa berkembang lebih baik lagi.

Pada Sabtu (21/11) Irma Devita Learning Center (IDLC) bekerjasama dengan Prodi Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip) untuk melakukan virtual seminar dengan tema “Inovasi Legal Tech Sebagai Sebuah Tantangan dan Peluang.”

Kemajuan teknologi kini sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat modern. Budaya tersebut menimbulkan kekhawatiran para praktisi khususnya bagian hukum yang akan tergantikan oleh Artificial Technology (AI) di masa yang akan datang. AI sebagai salah satu teknologi terkini dapat membuat jasa hukum dapat semakin murah karena ada cost efficiency sebagaimana menurut Bimo Prasetio, founder Smart Legal Network (SLN), selaku narasumber pada acara tersebut. 

“Untuk saat ini, kita masih ada undang-undang Advokat yang mengartikan bahwa pemberian jasa hukum baik di dalam atau di luar pengadilan, perannya masih dibutuhkan manusia, tetap butuh lawyer,” ucap Bimo.

Lebih lanjut, Bimo menjelaskan bahwa industri jasa hukum yang menggunakan metode persuasi seperti perkara negosiasi dan litigasi masih belum dapat digantikan oleh mesin, karena dapat memiliki ciri khas kelebihan tersendiri.

“Penyelesaian hukum itu dibutuhkan lawyer yang kreatif, tidak hanya bersifat normatif dan tekstual. Hal-hal tersebut yang harus kita kedepankan agar bisa memahami hal-hal yang tidak biasa dan tidak dapat digantikan oleh mesin,” tukas Bimo.

Bimo pun menambahkan bahwa sebagai lawyer harus lebih inovatif dengan tidak memiliki mental block. Selain itu, teknologi seharusnya dimanfaatkan dan dikembangkan jangan dijadikan kompetitor. Jadikan internet untuk branding di masyarakat karena akses hukumnya yang  mudah. 

 

SR

Dipromosikan

TINGGALKAN JAWABAN

Masukkan komentar Anda!
Mohon masukkan nama Anda di sini

*