Bank Syariah BUMN Sepakati Merger, Siapa Pemegang Saham Terbesarnya?

0
36
Bank Syariah BUMN Sepakati Merger, Siapa Pemegang Saham Terbesarnya

Bank Syariah BUMN Sepakati Merger, Siapa Pemegang Saham Terbesarnya?

Keputusan final untuk melakukan merger dinilai sebagai gebrakan besar bagi ekonomi nasional, terutama dalam mewujudkan target Indonesia menjadi pusat ekonomi syariah dunia. 

Langkah merger yang diambil oleh ketiga bank syariah milik BUMN, yakni BRI Syariah, BNI Syariah, Mandiri Syariah mencapai titik keputusan akhir dimana semua pihak telah menyepakati. Bank hasil merger nantinya akan memiliki modal mumpuni dari segi finansial, kualitas sumber daya manusia yang bekerja, sistem teknologi informasi yang digunakan dan peningkatan pelayanan produk keuangannya. 

Bank merger ini juga akan memiliki produk pelayanan ekstra, mulai dari wholesale, consumer, retail, UMKM, dan masih banyak lagi. Nantinya akan dibuat lebih dari 1200 cabang dan 1700 jaringan ATM di seluruh Indonesia, serta menyerap puluhan ribu tenaga kerja sehingga memberikan pelayanan terbaik dalam bidang perbankan syariah. 

Merger yang dilakukan ini dinilai akan berdampak lebih efisien dari segi penggalangan dana, pengelolaan biaya operasional, pembiayaan dan belanja lainnya, terutama dalam menghadapi masa pandemi ini dibutuhkan terobosan baru mengingat bank syariah merupakan salah satu prospek cerah bernilai tinggi. Dari data yang dilansir melalui Otoritas Jasa Keuangan, dinilai pula kinerja bank Syariah lebih mumpuni dari segi pertumbuhan pembiayaan dibandingkan bank Konvensional. 

Struktur pemegang saham dilakukan melalui mekanisme perhitungan valuasi masing-masing bank yang ikut penggabungan. Total aset yang akan didapatkan dari merger bank syariah ini dinilai mencapai RP214,6 triliun dengan modal inti lebih dari RP20,4 triliun. 

Pemegang saham bank ini akan ditempati oleh PT Bank Mandiri Tbk senilai 51,2%, PT Bank Negara Indonesia senilai 17,4% dan PT Bank Rakyat Indonesia senilai 17,4%, sisa selebihnya akan diisi oleh publik karena akan tetap tercatat sebagai perusahaan terbuka di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham BRIS. Hasil penggabungan bank syariah ini akan masuk ke dalam TOP 10 Bank terbesar di Indonesia dari perhitungan aset dan TOP 10 bank syariah terbesar di dunia dari segi kapitalisasi pasar dengan pemegang nilai saham terbesarnya yakni PT Bank Mandiri Tbk. 

 

DD

Dipromosikan

TINGGALKAN JAWABAN

Masukkan komentar Anda!
Mohon masukkan nama Anda di sini

*