Pengumuman Kenaikan Tarif Cukai Rokok 2021 Ditunda, Apa Faktor Penyebabnya?

0
74
Pengumuman Kenaikan Tarif Cukai Rokok 2021 Ditunda, Apa Faktor Penyebabnya

Pengumuman Kenaikan Tarif Cukai Rokok 2021 Ditunda, Apa Faktor Penyebabnya?

Butuh waktu lebih lama untuk melakukan kajian mendalam mengenai keputusan tersebut karena dinilai cukup berisiko mengingat pabrik rokok terdampak pandemi.

Tarif instrumen dan kebijakan lainnya berkenaan dengan rokok perlu dirumuskan dengan kehati-hatian tinggi. Biasanya kenaikan cukai diumumkan Kementerian Keuangan pada September-Oktober tiap tahunnya, akan tetapi tahun ini terus mengalami pemunduran jadwal karena beberapa sebab.

Diketahui bahwa harga saham emiten rokok dan tembakau kompak merosot pada perdagangan bulan Oktober. Pelemahan harga dipimpin oleh PT Gudang Garam Tbk yang menurun 4,82% diikuti dengan PT Wismilak Inti Makmur Tbk yang menurun sebanyak 4,69%.

Untuk menghadapi persoalan ini, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Heru Pambudi mengatakan akan terus berkomunikasi dengan para pemegang saham guna menemukan solusi terbaik. Merujuk pada target nota keuangan tahun 2021, target penerimaan cukainya meningkat 3,6% dibandingkan 2020 dengan nilai sebesar RP178,475,2 miliar.

Pabrik-pabrik rokok ikut menerima pukulan berat selama masa pandemi berlangsung, padahal industri rokok dinilai sebagai segmen padat karya. Maka dari itu, tarif cukai rokok yang diberlakukan 2021 akan diperhitungkan secara ideal bagi para pelaku usaha dan guna menurunkan tingkat prevalensi perokok usia muda. Tindakan penundaan pengumuman yang dilakukan pemerintah berdampak besar bagi tingkat kepercayaan investor guna memastikan biaya cukai rokok di tahun mendatang. Menurut info yang beredar, kenaikan tarif cukai rokok tahun depan berkisar 13-20%.

Salah satu penyebab lain pemunduran jadwal pengumuman selain faktor pandemi, yaitu adanya protes mengenai tingginya harga cukai rokok tahun ini sebesar 23% yang membuat petani tembakau merasa keberatan. Para petani tembakau dan perusahaan rokok pun menanti langkah kebijakan terbaik bagi pemerintah yang tidak merugikan segala pihak.  

 

DD

Dipromosikan

TINGGALKAN JAWABAN

Masukkan komentar Anda!
Mohon masukkan nama Anda di sini

*