Demi Budidaya Lobster, Eksportir Lokal Tetapkan MoU dengan Eksportir Vietnam

0
31
Demi Budidaya Lobster, Eksportir Lokal Tetapkan MoU dengan Eksportir Vietnam

Demi Budidaya Lobster, Eksportir Lokal Tetapkan MoU dengan Eksportir Vietnam

Asosiasi Perkumpulan Pengusaha Lobster Indonesia dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan mengharapkan adanya pengembangan budidaya lobster dengan penandatanganan MoU bersama asosiasi pedagang lobster Vietnam.

Kemarin Rabu (18/11), Asosiasi Perkumpulan Pengusaha Lobster Indonesia (Pelobi) secara resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan asosiasi pedagang lobster asal Vietnam. Penandatanganan ini ditujukan untuk mengatur sistem bisnis lobster antara kedua negara tersebut.

Wakil Ketua Pelobi Sujaka Lays menjelaskan, penetapan MoU ini mendapatkan dukungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Sujaka juga optimis dengan adanya MoU ini, akan ada dampak positif bagi tata kelola ekspor lobster Indonesia.

“MoU dengan Vietnam ini didukung KKP. Ini bagus untuk tata kelola ekspor lobster Indonesia karena kedepannya akan ada kepastian harga dan kualitas juga terjaga,” ujarnya pada Kamis (19/11).

Sujaka Lays juga menekankan bahwa komitmen Pelobi dalam pengembangan lobster Indonesia diwujudkan dengan kerja sama yang hendak dijalin oleh Pelobi dengan universitas.

“Pelobi bersama-sama dengan KKP sedang mengupayakan di masa yang akan datang untuk bekerja sama dengan beberapa universitas untuk transfer knowledge dalam hal budidaya lobster,” ungkap Sujaka Lays

Dukungan KKP dalam penetapan MoU ini ditunjukkan dengan kesepakatan antara KKP dan Pelobi untuk menjalankan fungsi pengawasan terhadap implementasi tata niaga ekspor ini. KKP dan Pelobi juga bersepakat untuk melakukan kerja sama dalam pengembangan kesinambungan industri lobster Indonesia untuk kedepannya.

“MoU antara Indonesia dan Vietnam ini didasari komitmen dua negara untuk bersama-sama mengembangkan industri lobster di Indonesia. Kita berharap industri ini continue sehingga perlu kerja sama yang baik dari sisi teknis budidaya, ekspor, ataupun bisnis,” jelas Sekretaris Jenderal Pelobi, Paul Gurusinga.

 

KS

Dipromosikan

TINGGALKAN JAWABAN

Masukkan komentar Anda!
Mohon masukkan nama Anda di sini

*