Fresh Graduate Lakukan Ini Jika Ingin Berkarir di Pasar Modal

0
120
Fresh Graduate Lakukan Ini Jika Ingin Berkarir di Pasar Modal

Fresh Graduate Lakukan Ini Jika Ingin Berkarir di Pasar Modal

Harus paham basic skill dan mengikuti beberapa pendidikan.

Berkarir di Pasar modal saat ini bisa menjadi salah satu pilihan pekerjaan bagi sarjana hukum. Tidak hanya berfokus untuk menjadi lawyer litigasi, ternyata di menjadi konsultan pasar modal juga merupakan pekerjaan yang menjanjikan. Ditambah lagi, pasar modal pasti akan terus berkembang dan tidak pernah mati.

“Untuk mahasiswa hukum yang akan lulus atau yang sudah lulus sebenarnya pekerjaan menjadi lawyer tidak melulu  di Pengadilan atau  di kepolisian, jika ada yang ingin ke bidang lain atau di Perdata banyak sekali peluang atau bidang pekerjaan di sana, bukan hanya akan beracara di Pengadilan saja. Seperti berkarir di Pasar Modal, ilmunya tidak statis mengikuti Perkemabang zaman yang sangat menarik dan luas, pekerjaan di pasar modal tidak akan sepi atau tidak akan mati  dan berhenti disitu. Apalagi jika kita tipe orang yang suka tantangan dan suka terus belajar, ” ujar Gede Bagus Wulansari, Partner di HKGM & Partner.

Gede Bagus menceritakan kepada Kliklegal mengenai karir di Lingkungan Pasar Modal bahwa profesi di pasar modal bukan hanya lawyer dan konsultan hukum Pasar Modal saja tapi juga ada beberapa jenis profesi penunjang lainnya seperti Perusahaan Sekuritas, Rating, Emiten, Wali Amanat dan KSEI. Gede Bagus memberikan beberapa tips bagi Fresh Graduate hukum yang ingin berkarir di Pasar Modal dibidang Legal, berikut beberapa tipsnya:

Pertama, miliki basic tentang hukum yang berkaitan dengan pasar modal.

Menurut Gede Bagus dunia pasar modal berkaitan perusahaan jadi harus kuat di Hukum Perseroan Terbatas (PT), UU PT (Undang-undang Perseroan Terbatas) harus jadi makanan sehari-hari, jadi kita harus bener-bener mengetahui legalitas suatu perusahaan, jadi kita harus paham dibidang Hukum Perusahaan.

Selain itu, mengenai perjanjian (Hukum Perjanjian) dan pasar modal. “Karena nantinya lawyer atau konsultan hukum pasar modal akan melakukan perjanjian, jadi harus paham tentang hukum perjanjian dan tentu harus benar-benar memahami tentang Hukum Pasar Modal itu sendiri,” ujarnya.

Kedua, pahami hukum dan aturan yang berkaitan dengan pasar modal.

Selain harus memahami mengenai perikatan dan perseroan terbatas, sarjana hukum yang ingin bekerja di pasar modal harus menguasai ilmu dan aturan yang berkaitan dengan pasar modal seperti hukum perbankan, peraturan OJK, dan juga ekonomi syariah,

“Nanti jika perusahaannya bank, maka kita harus kuat di hukum perbankan. Ketika suatu bank akan menerbitkan produk di pasar modal apa saja yang harus dipenuhi. UU Perbankan telah ada sebagai landasan tapi ada juga aturan lainnya yang mengikutinya yang harus dipahami juga tentunya. Sedangkan sekarang sudah ada OJK maka mau tidak mau kita harus mengikuti dan paham peraturan OJK,” tambahnya.

Hukum ekonomi syariah juga menjadi salah satu kunci ketika ingin berkarir di pasar modal, lantaran saat ini ekonomi syariah sedang di masa kejayaan. “Hukum Ekonomi Syariah sekarang ini sedang jaya-jayanya syariah, maka mau tidak mau kita harus juga menguasai Hukum Ekonomi Syariah. Harus tahu akad-akad di syariahnya, akad apa saja yang harus digunakan untuk perusahaan di pasar modal, dan kira-kira apa saja yang diperbolehkan syariah yang sesuai dengan pasar modal.

Ketiga, miliki lisensi.

Mahasiswa yang baru lulus dari jenjang S1 bisa melamar ke firma hukum pasar modal lalu menjadi assosiatenya, sehingga bisa belajar banyak baik teori maupun praktek tentang pasar modal. “Untuk menjadi Konsultan Hukum Pasar Modal sendiri bagi fresh graduate memang cukup panjang. kita harus punya lisensi dari Peradi dulu syarat pertamanya.  Harus ikut PKPA dan lulus ujian,” bilang Gede Bagus.

Kemudian harus mengikuti pendidikan dasar satu dan dasar dua, serta lulus ujian dasar satu dan dua. Setelah itu harus menjadi partner di satu firma hukum. Tidak berhenti disitu, sarjana hukum yang ingin berkarir di pasar modal juga harus mengikuti pendidikan yang sudah ditetapkan oleh OJK.

“Mengikuti pendidikan yang sudah ditetapkan oleh OJK  dan dalam satu tahun harus memenuhi beberapa SKP. Setelah itu barulah bisa bergabung dalam Himpunan Konsultan Hukum Pasar Modal (HKHPM) dan 3 orang dari anggota HKHPM akan merekomendasikan ke OJK,” tutup Gede Bagus.

 

TM

Dipromosikan

TINGGALKAN JAWABAN

Masukkan komentar Anda!
Mohon masukkan nama Anda di sini

*