LKPM Bentuk Kepatuhan Pengusaha Dalam Penanaman Modal

0
25

Pelaporan dilakukan tiga bulan sekali dan tiap tanggal 10 bulan berikutnya

Peraturan BKPM No. 7 tahun 2018 tentang Pedoman dan Tata Cara Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal menjelaskan Penanam Modal Dalam Negeri (PMDN) maupun Penanam Modal Asing (PMA) wajib untuk melakukan pelaporan kegiatan penanaman modal. Namun sayangnya kewajiban untuk melakukan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) yang dilaksanakan tiap tiga bulan sekali belum diketahui banyak pelaku usaha. Untuk memfasilitasi pelaku usaha yang belum mengetahui cara melaporkan LKPM, Smartlegal mengadakan training “Pelaporan LKPM”.

Sekar Ayu Primandani, Senior Associate BP Lawyers membahas mengenai bagaimana seluk beluk pelaporan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM). Hal penting yang harus diketahui terkait dasar hukum, implikasi diwajiibkannya pelaporan dan isi dari LKPM, dan implikasi dari adanya pelaporan LKPM.

Sekar menyatakan bahwa pelaku usaha harus mengetahui pengetahuan mengenai dasar hukum dari LPKM. Selain pemaparan mengenai LKPM, Sekar juga berdiskusi dengan pelaku usaha yang menjadi peserta. “Menjelaskan mengenai dasar hukum dari LKPM, implikasi dari adanya kewajiban pelaporan LKPM, serta diskusi mengenai perihal data yang dilaporkan dalam LKPM,” jelas Sekar pada Jumat (4/10) di Legalo, Jakarta.

Training ini bermanfaat untuk lebih memahami kewajiban pelaporan LKPM. Pelaporan LKPM sendiri merupakan salah satu bentuk kepatuhan pelaku usaha dalam kegiatan penanaman modal. Implikasi dari isi laporan yang disampaikan kepada Pelaku Usaha dijelaskan secara menyeluruh, termasuk akibat jika laporan tidak disampaikan tepat waktu.

Sejak berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik serta Peraturan Kepala BKPM No. 6 Tahun 2018 tentang Pedoman dan Tata Cara Perizinan dan Fasilitas Penanaman Modal, terdapat beberapa penyesuaian yang mempengaruhi pelaporan LKPM.

Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) adalah laporan mengenai perkembangan realisasi Penanaman Modal dan permasalahan yang dihadapi Pelaku Usaha yang wajib dibuat dan disampaikan secara berkala.

ZNA

Dipromosikan

TINGGALKAN JAWABAN

Masukkan komentar Anda!
Mohon masukkan nama Anda di sini

*