Unsur Persamaan Pada Pokoknya Jadi Pertimbangan Seharusnya Merek Geprek Bensu Ditolak Sejak Awal

0
217
Unsur Persamaan Pada Pokoknya Jadi Pertimbangan Seharusnya Merek Geprek Bensu Ditolak Sejak Awal

Unsur Persamaan Pada Pokoknya Jadi Pertimbangan Seharusnya Merek Geprek Bensu Ditolak Sejak Awal

Penghapusan merek terdaftar dapat dilakukan oleh menteri atas rekomendasi komisi banding.

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) resmi menghapus merek Geprek Bensu milik Benny Sujono dan Ruben Onsu melalui Surat Keputusan (SK) Nomor HKI.4-HI.06.06.03-10/2020 tertanggal 06 Oktober 2020.DJKI Kemenkumham, Freddy Harris, dalam webinar “Sengketa Mereka Dagang, Siapa Dirugikan?” yang diselenggarakan oleh Biznews dan Forum Jurnalis pada Kamis (12/11) mengatakan bahwa hal ini merupakan pelaksanaan dari Putusan MA dan rekomendasi dari Komisi Banding. “Putusan MA dijalanin, rekomendasi dari Komisi Banding juga dijalanin. Bisa ditanyakan ke Komisi Banding itu, putusan Komisi Banding terbuka kok,” ucapnya.

Pengaturan penghapusan merek terdaftar oleh Menteri atas rekomendasi dari Komisi Banding dapat dilihat dalam Pasal 72 ayat (7) dan ayat (8) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis.

Freddy juga menambahkan bahwa pada tahun 2015 sudah ada merek Bensu yang terdaftar bukan milik dari Ruben Onsu maupun Benny Sujono. “Secara persamaan pada pokoknya harus ditolak. Ruben maupun Benny Sujono tidak bisa (mengajukan merek Geprek Bensu) karena ada merek Bensu,” tambahnya.

Eddie Kusuma, selaku kuasa hukum Benny Sujono yang juga hadir dalam webinar ini berpendapat lain dari yang sudah disampaikan oleh Freddy Harris. Menurutnya, rekomendasi dari Komisi Banding seharusnya tidak boleh bertentangan dengan Putusan MA. “Putusan yang sudah ada Putusan Mahkamah Agung yang inkrah tidak bisa dihapus oleh siapapun juga,” ujarnya.

Menurut Eddie, Putusan MA sudah menyatakan merek dari pihak Ruben Onsu sudah dibatalkan, dan merek dari pihak Benny Sujono sudah sah menurut hukum sebagai first to file. Oleh karena itu, tambahnya, putusan ini perlu dihargai dengan tidak menghapusnya.

Untuk diketahui, merek Geprek Bensu milik Ruben Onsu sudah dihapus berdasarkan putusan Mahkamah Agung yang memutuskan pihak Benny Sujono sebagai pemilik sah merek Geprek Bensu. Namun, merek Geprek Bensu milik Benny Sujono juga dihapus berdasarkan SK yang dikeluarkan oleh Dirjen KI atas rekomendasi dari Komisi Banding.

AP

Dipromosikan

TINGGALKAN JAWABAN

Masukkan komentar Anda!
Mohon masukkan nama Anda di sini

*