Bimo Prasetio: Lawyer yang Mengawali Karir Dari Jurnalis Hukum Hingga Menjadi Founder Platform Edukasi “Smartlegal”

0
11
Bimo Prasetio: Lawyer yang Mengawali Karir Dari Jurnalis Hukum Hingga Menjadi Founder Platform Edukasi “Smartlegal”

Bimo Prasetio: Lawyer yang Mengawali Karir Dari Jurnalis Hukum Hingga Menjadi Founder Platform Edukasi “Smartlegal”

Bimo ingin memberikan sumbangsih berdasarkan kapasitasnya di dunia hukum dan mencetak para penegak hukum yang berintegritas melalui platform edukasi besutannya.

Setelah lulus dari Fakultas Hukum Universitas Airlangga pada tahun 2004 dan mengawali karir sebagai jurnalis di salah satu portal berita hukum adalah salah satu pencapaian dari cita-cita Bimo Prasetio pada saat itu. Lalu beliau mulai mencoba untuk berkontribusi dalam dunia hukum lebih jauh lagi hingga akhirnya tertarik menjadi lawyer.

“Lawyer itu salah satu aparat penegak hukum yang bisa bantu banyak orang dan memberi solusi secara langsung, maka dari itu saya tertarik dan terinspirasi,” ujar Bimo melalui wawancara dengan tim Kliklegal, pada Senin (21/9).

Bimo mengikuti trainee program di Makarim & Taira, lalu memulai karir menjadi lawyer di Adnan Buyung Nasution & Partners, dan Hanafiah Ponggawa & Partners. Hingga pada akhirnya membuka sendiri kantor firma hukum bernama BP Lawyers pada tahun 2010 dan mengusung prinsip “Generosity”.

Ada banyak hal menarik menurut Bimo dalam dunia lawyering, yaitu menjadi lawyer dituntut harus totalitas dan mampu berpikir kreatif. Selain itu, menjadi lawyer juga merupakan salah satu kesempatan untuk turut serta dalam ranah penegakan hukum.

“Saya mencoba untuk membantu para pengusaha kelas menengah yang usahanya sedang tumbuh dan rawan terkena kasus karena berbagai faktor ditambah lagi kebanyakan mereka kurang melek dengan hukum, mau bayar lawyer pun mahal,” ucapnya.

Dalam perjalanan karirnya, Bimo juga merupakan penggerak kampanye “UKM Melek Hukum” dimana sasarannya adalah memberikan edukasi khusus bagi para UKM berbagai daerah agar terhindar dari kasus hukum dan bisa mengembangkan usahanya dengan lancar. Semua itu bermula dari tahun 2010 dimana BP Lawyers banyak bekerjasama dengan komunitas wirausaha dan mulai berdatangan konsultasi dari para pengusaha yang bisnisnya sedang tumbuh namun terlibat kasus. 

Gerakan kampanye ini masih berlanjut hingga sekarang dan diteruskan melalui platform edukasi “Smartlegal”. Dalam platform tersebut, menyediakan berbagai infografis, artikel, dan video serta konten lainnya agar mudah dipahami para Start Up, UKM dan pelaku bisnis lainnya. Selain itu menjadi wadah berkumpulnya para expertise di bidang hukum yang nantinya dapat membantu siapapun yang membutuhkan bantuan hukum.

Smartlegal juga menyediakan Smartlegal Academy yang menyediakan kelas professional lawyer class, dimana dikhususkan untuk mencetak para penegak hukum yang memiliki value integrity dan skillful. Ia juga menjelaskan bahwa ingin suatu saat nanti dirinya menyediakan kelas profesional khusus jaksa, hakim, atau bahkan jurnalis hukum. Sehingga para penegak hukum dapat memberi manfaat ke semua kalangan dengan tepat sasaran.

“Saya percaya ilmu akan bermanfaat apabila dibagi dan diteruskan, hal itu juga bisa menjadi amal untuk saya,” tambah Bimo.

Bimo juga menegaskan bahwa dalam dunia lawyering dibutuhkan pondasi berupa kemampuan menulis dan analisis yang baik. Sehingga dirasa sangat penting bagi para lulusan hukum untuk terbiasa menganalisis sesuatu, membuat tulisan, memberikan solusi atau opini sebagai solution maker serta menentukan time management yang cocok dengan pola hidup masing-masing karena itu adalah bekal yang sangat berguna sampai kapanpun. 

 

DD

Dipromosikan

TINGGALKAN JAWABAN

Masukkan komentar Anda!
Mohon masukkan nama Anda di sini

*