Daya Tarik Fintech Lending Pada Sejumlah Marketplace Selama Pandemi Kian Melejit

0
67
Daya Tarik Fintech Lending Pada Sejumlah Marketplace Selama Pandemi Kian Melejit

Daya Tarik Fintech Lending Pada Sejumlah Marketplace Selama Pandemi Kian Melejit

Potensi bisnis fintech lending menjadi incaran besar para e-commerce di Indonesia mengingat layanan pinjaman yang ditawarkan dapat meningkatkan permodalan usaha yang menjanjikan.

Peran fintech lending di masa pandemi seperti saat ini semakin disadari penting keberadaannya. Layanan yang tersedia pada fintech tersebut mampu menjaga tingkat daya beli masyarakat dengan menawarkan berbagai akses kemudahan, keamanan, dan metode pembayaran yang fleksibel sehingga mampu menarik minat dan kepercayaan konsumen.

Selama pandemi terjadi, sejumlah UKM dan kegiatan usaha lainnya tidak bisa menghindari risiko ekonomi yang terjadi. Salah satu permasalahan yang terjadi adalah kurangnya ketersediaan modal usaha, padahal persoalan tersebut merupakan faktor penting bagi suatu bisnis. Berangkat dari hal tersebut, fintech hadir guna memperkuat eksistensi permodalan sejumlah kegiatan usaha yang dampaknya sangat dirasakan dalam dunia industri selama pandemi.

Bagi fintech lending, sektor e-commerce merupakan yang performanya paling menjanjikan untuk terus tumbuh baik saat ini maupun pasca pandemi nanti. Dengan menggandeng beberapa marketplace, seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Zilingo dan lainnya diharapkan dapat menjembatani kemudahan akses penyaluran pinjaman modal ke masyarakat.

Dikutip dari data Otoritas Jasa Keuangan, jumlah pinjaman yang disalurkan sejumlah fintech lending kian mengalami peningkatan mulai dari Juni 2020 sebesar Rp113,5 trilyun dan terus naik hingga menuju akhir tahun 2020. Pertumbuhan tersebut sejalan dengan pergeseran pola perilaku belanja konsumen ke ranah online yang memaksa para UKM harus terjun ke dunia e-commerce dan mengaktifkan pembayaran digital untuk tetap bisa bersaing mendapatkan untung.

Dilansir dari laman Kredivo Indonesia, konsumen dinilai semakin yakin melakukan transaksi dalam jumlah besar terutama kalangan milenial yang mayoritas mengalokasikan pendapatannya lebih besar pada belanja online. Hal ini merupakan salah satu gagasan ide yang inovatif bagi pelaku bisnis untuk mengembangkan usahanya melalui permodalan yang ditawarkan oleh fintech lending dan memasarkannya melalui transaksi di e-commerce

 

DD

Dipromosikan

TINGGALKAN JAWABAN

Masukkan komentar Anda!
Mohon masukkan nama Anda di sini

*