Kalah Dari Orang Tua, Unilever diHukum Rp30 M Karena Merek Pasta Gigi

0
0
Kalah Dari Orang Tua, Unilever diHukum Rp30 M Karena Merek Pasta Gigi

Kalah Dari Orang Tua, Unilever diHukum Rp30 M Karena Merek Pasta Gigi

Unilever dianggap telah memproduksi, mempromosikan, mengedarkan, dan/atau menjual produk pasta gigi yang serupa dengan merek milik Orang Tua tanpa hak dan tanpa izin.

Perusahaan Singapura, Hardwood Private Limited yang di Indonesia dikenal sebagai perusahaan Orang Tua selaku Penggugat memenangkan sengketanya melawan Unilever terkait merek pasta gigi.

Sebelumnya, Hardwood sudah mendaftarkan merek Formula Strong dengan nomor daftar IDM000258478, kelas 3. Hardwood tidak terima dengan munculnya merek pasta gigi Pepsodent Strong milik unilever.

Menurut Hardwood, dengan adanya persamaan tersebut tergugat telah memproduksi, mempromosikan, mengedarkan, dan/atau menjual produk pasta gigi dengan merek serupa dengan merek “Strong” tanpa hak dan tanpa seizin dari Penggugat. Oleh karena itu, Hardwood menggugat Unilever ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) untuk menyatakan Hardwood merupakan pemegang merek Strong.

Dalam petitum nomor perkara 30/Pdt.Sus-HKI/Merek/2020/PN-Jkt.Pst, Hardwood meminta Majelis Hakim untuk menyatakan merek “Strong” milik Penggugat adalah merek terkenal di Indonesia dan menyatakan merek “Strong” milik Unilever serupa dan telah melanggar merek “Strong” milik Penggugat. Selain itu, Hardwood juga meminta Majelis Hakim untuk menghukum Unilever untuk membayar ganti rugi kepada Penggugat sebesar Rp108 miliar. Dengan rincian kerugian materiil sebesar Rp33 miliar dan kerugian immateriil sebesar Rp75 miliar.

Dalam putusan perkara tersebut, Majelis Hakim mengabulkan seluruh gugatan Penggugat, namun ganti rugi tidak dipenuhi seluruhnya. “Menghukum Tergugat untuk membayar ganti rugi kepada Penggugat sejumlah Rp30 miliar,” dikutip dari putusan nomor perkara 30/Pdt.Sus-HKI/Merek/2020/PN-Jkt.Pst oleh KlikLegal, pada Jumat (08/01).

Tidak terima dengan hasil putusan tersebut, Unilever membawa sengketa ini ke tingkat kasasi. “Terkait putusan Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat mengenai salah satu varian produk kami, kami menghormati proses kasasi yang saat ini tengah berjalan agar proses tersebut dapat berjalan lancar serta membawa hasil yang adil dan baik,” ucap Sekretaris Perusahaan PT Unilever Indonesia Tbk, Reski Damayanti yang dikutip dari laman detikcom pada Jumat (08/01)

 

AP

Dipromosikan

TINGGALKAN JAWABAN

Masukkan komentar Anda!
Mohon masukkan nama Anda di sini

*