Pemerintah Siapkan Portal Resmi UU Cipta Kerja untuk Aspirasi Masyarakat

0
27
Pemerintah Siapkan Portal Resmi UU Cipta Kerja untuk Aspirasi Masyarakat

Pemerintah Siapkan Portal Resmi UU Cipta Kerja untuk Aspirasi Masyarakat

Aspirasi tersebut guna pembentukan aturan turunan dari UU Cipta Kerja.

Pemerintah mempersiapkan Portal Resmi UU Cipta Kerja yang bertujuan untuk menampung aspirasi dari masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam pembentukan aturan turunan dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa portal resmi UU Cipta Kerja mengundang seluruh lapisan masyarakat, publik, dan stakeholders.

“Dengan adanya portal ini pemerintah secara resmi mengundang seluruh  lapisan masyarakat, publik, dan stakeholders untuk pelaksanaan UU Cipta Kerja,” ujar  Airlangga seperti yang dikutip dalam laman setkab.go.id pada Selasa (10/11).

Sejak tanggal 6 November 2020, Pemerintah telah memuat 8 (delapan) Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) dari 40 RPP dan 4 Rancangan Peraturan Presiden (RPepres) pada portal resmi tersebut, diantaranya RPP tentang Informasi Geospasial Pelaksanaan Cipta Kerja, RPP Pelaksanaan UU Cipta Kerja untuk Kawasan Ekonomi Khusus, RPP Hak Pengelolaan dan Hak Atas Tanah, RPP Pelaksanaan Undang-Undang Cipta Kerja Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral, RPP  tentang Lembaga Pengelola Investasi, RPP tentang Pendirian Badan Usaha Milik Desa, RPP Penyelenggaraan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum, dan RPP Penertiban Kawasan Tanah Terlantar.

RPP yang merupakan peraturan turunan tersebut kini dapat diakses secara online oleh masyarakat melalui http://uu-ciptakerja.go.id. Rencananya peraturan pelaksana UU Cipta Kerja wajib ditetapkan paling lama 3 (tiga) bulan sebagaimana tercantum pada Pasal 185 di Ketentuan Penutup UU Cipta Kerja.

Selain itu, dalam pelaksanaan pembentukan peraturan turunan yang bersifat transparan pada masyarakat, Kementerian atau lembaga terkait akan melakukan sosialisasi, publikasi, dan konsultasi publik terhadap muatan materi dari draft RPP dan RPepres tersebut.

SR

Dipromosikan

TINGGALKAN JAWABAN

Masukkan komentar Anda!
Mohon masukkan nama Anda di sini

*