Tantangan dan Strategi Dalam Mengembangkan Kantor Hukum

0
44
Tantangan dan Strategi Dalam Mengembangkan Kantor Hukum

Tantangan dan Strategi Dalam Mengembangkan Kantor Hukum

Mengembangkan kantor hukum secara modern di era digital tidak hanya sebatas mengenai keahlian dalam beracara hukum tetapi juga terkait kiat manajemen kantor hukum dan pengembangan inovasi secara digital.

Kliklegal.com bekerjasama dengan Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia Dewan Pengurus Wilayah DKI Jakarta menggelar webinar dengan tajuk “How To Build Professional Litigation Law Firm” pada Sabtu (7/11). Webinar tersebut menghadirkan dua orang narasumber yaitu Fredrik J. Pinakunary selaku Managing Partner of Fredrik J. Pinakunary Law Firm dan Bimo Prasetio selaku Partner BP Lawyers dan Founder Smart Legal ID dengan dipandu oleh Asharyanto Hermanto selaku Ketua Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia Dewan Pengurus Wilayah DKI Jakarta sekaligus Managing Partner BP Lawyers dan Co-founder Smart Legal ID. Asharyanto mengemukakan bahwa salah satu aspek hukum yang berkembang secara pesat dewasa ini adalah aspek hukum bisnis. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa membangun sebuah kantor hukum yang memiliki spesifikasi dalam bidang hukum bisnis menjadi sebuah peluang di era modern ini.

Hal tersebut ditegaskan oleh Bimo dalam paparannya “Manajemen Kantor Hukum” mengemukakan bahwa pengembangan sebuah kantor hukum tidak hanya menyoal kemampuan lawyering melainkan juga manajemen dan tata kelola kantor hukum secara profesional dan handal. Selain itu, pengembangan kantor hukum dewasa ini harus memperhatikan strategi pemasaran berdasarkan perkembangan pasar, keberadaan jaringan kantor hukum dan memahami terhadap perkembangan teknologi. Bimo juga menegaskan bahwa dalam membangun kantor hukum harus berintegritas dan memiliki nilai-nilai kejujuran. Selain itu, seorang pemimpin pada kantor hukum harus dapat menanamkan nilai yang diusung dalam kantor hukumnya dengan memberikan contoh secara langsung.

Bimo menyebutkan bahwa dalam membangun sebuah kantor hukum harus juga ditunjang dengan proses branding seperti melakukan tindakan probono hingga pemuatan artikel hingga podcast mengenai perkara hukum yang secara solutif melalui rangkaian riset. 

“Pemanfaatan virtual office, peradilan secara elektronik, hingga manajemen kantor melalui aplikasi seperti Trello dengan menggunakan business model canvas yang terdiri dari 9 elemen yaitu segmentasi konsumen, proposisi nilai konsumen, saluran, sumber pendapatan, sumber daya, hubungan konsumen, aktivitas yang dijalankan, kerjasama, dan struktur biaya akan menjadi suatu bentuk keunggulan dalam mengembangkan kantor hukum di era digital,” ujar Bimo pada Sabtu (7/11).

Fredrik pun turut menegaskan bahwa hal terpenting dalam membangun kantor hukum dan mengembangkannya adalah melakukan aktivitas hukum tersebut melalui dasar keimanan tidak hanya berfokus pada intelektual semata. Selain itu, perlu untuk belajar lebih keras dengan para senior dalam melakukan kegiatan beracara hukum. 

Hal ini akan memberikan pengalaman untuk dapat memberikan kepercayaan kepada klien yang akan turut memberikan rekomendasi kepada calon klien selanjutnya. “Namun perlu juga bagi lawyer secara khusus tekun menulis dan branding menggunakan search engine optimization (SEO),” tutur Fredrik.

Fredrik menjelaskan apabila hal tersebut harus dilakukan terutama dengan mengubah paradigma tradisional yang harus belajar untuk memperbaharui diri dan tetap harus berintegritas. Hal ini dikarenakan pekerjaan bukan hanya tentang uang tapi ekspresi iman untuk memberikan berkat kepada orang lain.

Selain itu perlu bagi setiap kantor hukum mempunyai spesifikasi keahlian secara komprehensif. Hal itu pun kembali dipertegas oleh Asharyanto bahwa yang terpenting dalam mengembangkan kantor hukum adalah meneguhkan nilai dan tidak hanya semata kepentingan ekonomi. “Dimana dalam pengembangan kantor hukum harus juga dilakukan dengan rajin, tekun dan konsistensi dengan service excellent sebagai tujuan,” tegas Asharyanto. 

KJP

Dipromosikan

TINGGALKAN JAWABAN

Masukkan komentar Anda!
Mohon masukkan nama Anda di sini

*