Seribu Perusahaan Amerika Akan Hengkang Dari China, Peluang Untuk Indonesia?

0
1505
Seribu Perusahaan Amerika Akan Hengkang Dari China, Peluang Untuk Indonesia

Seribu Perusahaan Amerika Akan Hengkang Dari China, Peluang Untuk Indonesia?

Namun investor saat ini masih menunggu kepastian dari eksekusi Undang-Undang Cipta Kerja.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani, mengatakan ada 1000 perusahaan dari Amerika Serikat (AS) yang akan ‘cabut’ dari China. Informasi ini dia dapatkan saat bertemu dengan Duta Besar AS, Sung Yong Kim. Bukan hanya AS, Rosan mengatakan perusahaan-perusahaan asal Eropa dan Asia juga berencana pergi dari China. Misalnya Jepang yang akan memberikan insentif bagi perusahaan yang akan hengkang dari China.

“Mereka tidak mau rantai pasok dunianya mereka itu terkonsentrasi di China,” ucap Rosan dalam diskusi virtual pada Senin (09/11).

Rosan menambahkan bahwa investor melirik negara-negara ASEAN sebagai negara tujuan relokasi untuk perusahaannya. Hal ini tentunya dapat dimanfaatkan Indonesia sebagai negara tujuan untuk relokasi perusahaannya.

Oleh karena itu, menurut Rosan, Indonesia harus berperan aktif baik dari pemerintah maupun Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) secara khusus.

Namun, Rosan menambahkan bahwa investor saat ini masih menunggu kepastian dari eksekusi Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) melalui peraturan turunannya seperti Peraturan Pemerintah (PP) maupun Peraturan Presiden (Perpres). “Jadi langkahnya sudah baik. Yang mereka tinggal tunggu adalah implementasinya, dan ini benar-benar bisa memberikan dampak yang positif bukan hanya untuk investasi tetapi juga dalam rangka menciptakan lapangan kerja,” ujarnya.

AP

Dipromosikan

TINGGALKAN JAWABAN

Masukkan komentar Anda!
Mohon masukkan nama Anda di sini

*