Pentingnya Menentukan Bisnis Model Bagi Kantor Hukum

0
124

Banyak aspek manajemen kantor hukum yang harus diperhatikan, salah satunya cost structure.

Kantor hukum yang baik tidak hanya dilihat dari bagaimana kualitas advokat yang dimiliki. Manajemen kantor hukum juga perlu diperhatikan untuk dapat memastikan kantor hukum yang dibangun dapat bersaing dengan kantor hukum lainnya. Salah satu aspek penting dalam manajemen kantor hukum adalah mengetahui cost structure.

“Semua hal dalam bisnis memerlukan biaya. Perhitungkan dengan seksama, pengeluaran Anda dengan pendapatan yang akan Anda capai untuk mendapatkan profit,” ujar Bimo Prasetio, Founder Smartlegal.id selaku pembicara dalam acara Seminar Manajamen Kantor Hukum: Tentukan Bisnis Model Kanvas yang Tepat Untuk Law Firm yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Daerah Kongres Advokat Indonesia (DPD KAI) Banten bekerja sama dengan Kliklegal.com pada Minggu (22/12) di Jakarta.

Menurut Bimo, merencanakan model bisnis yang tepat menjadi perlu agar penggunaan waktu efektif, budget marketing yang lebih terencana, membangun tim yang lebih baik dan tentunya mendapatkan revenue sesuai target. Seringkali mengambil keputusan menjadi sulit karena masih bingung mengelola cash flow bisnis.

Adapun aspek penting lainnya yang harus diperhatikan terkait manajemen kantor hukum yaitu menentukan customer segment, value proposition, channels, customer relation, revenue stream, key resources, key activity, key partner, dan cost structure.

Ketua DPD KAI Banten, Adv. Damsik, S.H.,M.H.,C.I.L mengatakan pihaknya bekerja sama dengan KlikLegal.com dengan tujuan menambah wawasan para advokat khususnya untuk DPD KAI Banten mengenai bisnis kantor hukumnya. “Nah acara kemarin itu sangat banyak trik dan strategi dalam manajemen kantor hukum,” jelas Damsik.

Ia juga merasakan manfaat dari adanya seminar ini. Pertama, untuk mencari ilmu bagi para advokat. Tidak hanya ilmu yang diberikan oleh pembicara, tetapi juga melalui diskusi dua arah yang berlangsung selama seminar. “Yang kedua yaitu pengalaman, dengan mengikuti seminar ini ilmunya bertambah seperti saat materi menentukan customer segment dan strategi dalam manajemen kantor hukumnya,” lanjutnya.

Ketua DPD KAI Banten berharap agar para advokat tidak cepat puas dengan pengetahuan yang dimiliki. “Oleh karenanya kita adakan kegiatan seminar, workshop dan pelatihan dibidang hukum, sangat penting bagi advokat karena sebagai investasi,” ujarnya.

 

ZNA

Dipromosikan

TINGGALKAN JAWABAN

Masukkan komentar Anda!
Mohon masukkan nama Anda di sini

*