Ramai Sengketa Desain Industri Geprek Bensu, Ahli: Tampilan Desain Harus Memiliki Kebaruan

0
89
Ramai Sengketa Desain Industri Geprek Bensu, Ahli Tampilan Desain Harus Memiliki Kebaruan

Ramai Sengketa Desain Industri Geprek Bensu, Ahli: Tampilan Desain Harus Memiliki Kebaruan

Dalam putusannya, majelis hakim menilai hak desain industri yang digunakan Ruben Onsu bukan merupakan desain baru melainkan telah didaftarkan terlebih dahulu oleh usaha ayam geprek milik Benny Sujono.

Ruben Onsu kalah dalam gugatan desain industri melawan PT Ayam Benny Sujono. Majelis Hakim Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memutuskan bahwa membatalkan pendaftaran desain industri pada pembungkus makanan ‘Geprek Bensu’ dan mengabulkan ganti rugi yang diajukan PT Ayam Geprek Benny Sujono kepada Ruben Onsu pada 8 September 2020.

Adapun desain industri kemasan makanan atas nama Ruben Samuel Onsu terdaftar dengan nomor IDD000049596 tanggal 20 Juli 2018. Untuk desain industri kemasan makanan milik PT Ayam Geprek Benny Sujono telah terdaftar dengan nomor IDM000643531 tertanggal 24 Mei 2019. Keduanya diketahui memiliki kemiripan kemasan makanan.

Melihat hal tersebut, Wakil Ketua Asosiasi Konsultan Hak Kekayaan Intelektual (Sekjen AKHKI) Suyud Margono memberikan pendapatnya terkait sengketa ini. Suyud melihat bahwa keputusan yang dikeluarkan oleh majelis hakim merupakan hal yang benar.

Dalam wawancara bersama Kliklegal, ia menyebutkan bahwa sebuah desain industri dapat diterima apabila dari kodrat desain dari bentuk dan tampilan konfigurasi memiliki perbedaan. Desain industri akan melindungi bentuk dari objek yang didaftarkan. Maka karya intelektual tersebut harus didaftarkan oleh desainernya.

“Perbedaannya adalah apabila pada merek itu (melindungi) ada komposisi warna yang jelas atau harus distinctive maka apabila tidak ada daya pembeda yang jelas maka tidak bisa diterima, kemudian pada desain industri melindungi bentuk dari objeknya,” ungkapnya pada Jumat (11/9) di Jakarta.

Adapun ia juga menyoroti bahwa dimungkinkan desain yang terdaftar dengan desain yang tidak terdaftar dapat berjalan secara bersamaan. Ini dikarenakan fakta desain terdaftar sudah tidak baru (lack of novelty). Hal ini dimungkinkan bagi si pemilik hak atas desain industrinya untuk mengupayakan gugatan atas pemakaian desain industri tanpa seizinnya.

“Suatu desain harus memiliki unsur kebaruan, kalo di marketplace sudah terdapat (desain seperti itu) maka tidak bisa untuk didaftarkan ke Kemenkumham (Kementerian Hukum dan HAM)” katanya.

Ia juga menghimbau bahwa agar sengketa seperti ini tidak terulang lagi pada siapapun, pelaku usaha yang ingin membuat desain yang terinspirasi pada suatu desain industri yang sudah ada dan terdaftar, harus memperhatikan detail kebaruan dari produk yang akan dibuatnya agar terhindar dari gugatan karena meniru suatu desain industri yang telah terdaftar.

“Kemudian melalui exhibition atau pameran, ini juga memberikan perlindungan bagi si pemilik desain industri, misalnya ada yang copying lalu tiga bulan kemudian mendaftarkan (desain hasil tiruan) maka kita bisa membuat klaim bahwa desain tersebut tidak baru karena saya sudah merilis.

Sebagai informasi, sengketa antara ‘Geprek Bensu’ milik Ruben Onsu melawan ‘I Am Geprek Bensu’ milik Benny Sujono sudah bergulir lama. Sebelumnya pada 25 September 2018 Ruben Onsu selaku pemilik usaha ‘Geprek Bensu’ telah mengajukan gugatan kepemilikan merek kepada PT Ayam Benny Sujono dengan usaha ‘I Am Geprek Bensu’. Dalam gugatannya ia memaparkan bahwa PT Ayam Geprek Benny Sujono telah memakai nama Bensu tanpa izinnya. Namun Majelis Hakim Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 7 Februari menolak gugatan tersebut. Kemudian pada 23 Agustus 2019 Ruben Onsu kembali mengajukan gugatan ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat namun pada 13 Januari 2020 gugatan tersebut kembali ditolak oleh majelis hakim. 

Tidak sampai situ, pada 28 Februari 2020 Ruben Onsu mengajukan kasasi atas gugatannya namun kembali ditolak oleh Mahkamah Agung. Adapun pertimbangan Majelis Hakim dalam perkara ini adalah karena hak desain industri yang digunakan bukan merupakan desain baru melainkan telah didaftarkan terlebih dahulu oleh PT Ayam Geprek Benny Sujono.

 

AR

Dipromosikan

TINGGALKAN JAWABAN

Masukkan komentar Anda!
Mohon masukkan nama Anda di sini

*