Teten Masduki: Omnibus Law Berikan Kemudahan Bagi Pelaku UMKM

0
32
Teten Masduki Omnibus Law Berikan Kemudahan Bagi Pelaku UMKM

Teten Masduki: Omnibus Law Berikan Kemudahan Bagi Pelaku UMKM

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki optimis bahwa Omnibus Law akan memperkuat UMKM di Indonesia.

Sektor UMKM ikut menjadi bagian dari Draft Final Omnibus Law Cipta Kerja yang telah disetujui oleh pemerintah dan DPR RI pada Senin (5/10). Meskipun banyak pasal yang menuai kontroversi dalam draft final ini, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meyakini Omnibus Law Cipta Kerja dapat menciptakan lapangan kerja lebih besar dalam sektor UMKM.

Dalam konferensi pers yang digelar pada Rabu (7/10) Teten Masduki mengatakan bahwa Omnibus Law Cipta Kerja dalam sektor UMKM akan memberdayakan dan memberi kemudahan bagi pelaku UMKM. Selain itu ia juga optimis bahwa Omnibus Law akan memperkuat UMKM di Indonesia.

  1. Penyederhanaan persyaratan perizinan berusaha
    Dalam konferensi pers Teten memaparkan bahwa selama ini UMKM sering disamakan dengan usaha menengah dan usaha besar sehingga kesulitan dalam mengurus perizinan. Dengan adanya omnibus law ini ia meyakini masalah perizinan akan lebih mudah. “Sehingga kesulitan urus perizinan sekarang dipermudah, hanya bentuk pendaftaran,” ungkapnya.

    Berdasarkan Bagian Ketujuh Kemudahan Perizinan Berusaha Pasal 91 ayat (1) Draft Final Omnibus Law Cipta Kerja menyebutkan bahwa kemudahan perizinan UMKM wajib diberikan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam bentuk pembinaan dan pendaftaran. Lebih lanjut dalam ayat (2) ditentukan persyaratan bagi pelaku UMKM yang ingin melakukan pendaftaran usahanya dengan melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan surat keterangan berusaha dari kepala Rukun Tetangga (RT) setempat.

    Adapun pendaftaran ini dapat dilakukan secara daring maupun luring dengan diberikan diberikan nomor induk berusaha melalui Perizinan Berusaha secara elektronik.

  2. Membuka kesempatan UMKM untuk bermitra dengan usaha menengah danĀ  besar
    Kemudian dalam Pasal 90 Omnibus Law disebutkan bahwa Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah wajib memberikan fasilitas kemitraan antara UMKM dengan usaha menengah dan usaha besar berupa pemberian insentif dan kemudahan berusaha. Fasilitas ini diberikan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan kompetensi dan level usaha baik dari skala kecil sampai besar.

    Teten juga menilai dengan diaturnya kemitraan ini akan mengembangkan UMKM dan terintegrasi dengan sistem produksi yang ada. “Di mana sistem produksinya terintegrasi dengan usaha besar sebagai supplier bahan baku, supplier barang setengah jadi, spare part dan lain sebagainya,” ujar Teten.

  3. Pemerintah menyiapkan insentif fiskal UMKM
    Teten juga menyebutkan bahwa pemerintah telah menyiapkan insentif fiskal untuk UMKM. “Pemerintah prioritaskan penggunaan alokasi khusus untuk mendanai pengembangan dan pemberdayaan UMKM,” tuturnya.

    Pemerintah Pusat, dalam peraturan ini, memberikan kemudahan fasilitasi pembiayaan dan insentif fiskal kepada pelaku UMKM berupa penyederhanaan administrasi perpajakan dalam rangka pengajuan fasilitas pembiayaan dan insentif berupa tidak dikenakan biaya atau diberikan keringanan biaya pada saat melakukan perizinan usaha. Selain itu, terdapat insentif kepabeanan (untuk UMKM berorientasi ekspor) dan insentif pajak penghasilan (PPh).

  4. UMKM akan ditempatkan di tempat strategis
    Teten Masduki juga menyebutkan bahwa UMKM akan diberikan kemudahan dalam memilih tempat berusaha. Hal ini sudah diatur dalam Pasal 104 Omnibus Law yang menyebutkan bahwa UMKM dapat melangsungkan kegiatan usahanya di rest area tol, stasiun kereta, terminal angkutan, pelabuhan, bandar udara, dan infrastruktur publik lainnya. Alokasi penyediaan tempat tersebut paling sedikit 30% dari luas tempat perbelanjaan dan/atau promosi yang strategis pada infrastruktur publik yang bersangkutan.

    “Karena bagi UMKM menyewa tempat tempat strategis untuk berjualan itu sesuatu kemewahan. Ini yang kita sekarang berikan, ruang bagi UMKM yang sangat besar untuk bisa berjualan di tempat-tempat strategis,” ucap Teten.

 

AR

Dipromosikan

TINGGALKAN JAWABAN

Masukkan komentar Anda!
Mohon masukkan nama Anda di sini

*