Tips bagi Sarjana Hukum Hadapi Interview di Law Firm

Ada empat poin yang harus diperhatikan.

0
2950
Ilustrasi. Sumber Foto: https://www.flickr.com/

Menghadapi interview untuk suatu law firm tidak lah mudah. Sebuah law firm, terutama law firm besar, pasti sangat memperhatikan latar belakang pendidikan dan juga kemampuan diri si pelamar. Untuk itu, para sarjana hukum harus memperhatikan beberapa hal sebelum menghadapi interview.

Fajar Reyhan, lawyer muda dari ACS Law Firm, memaparkan empat hal penting yang harus dipersiapkan sebelum menghadapi interview di law firm. Fajar memaparkan hal tersebut usai workshop yang diselenggarakan Komunitas Lawyer Muda di Legalo, Jakarta, Jumat (9/2). Berikut adalah empat hal tersebut:

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan:

  1. Pastikan Terlebih Dahulu Background Law Firm

Lihat core bisnis law firmnya seperti apa, apakah korporasi (non litigasi) atau litigasi yang lebih dominan. Ini adalah suatu keharusan bagi sarjana hukum yang benar-benar berinisiatif untuk bisa mempersiapkan diri dengan baik. (Baca Juga: Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menyusun Perjanjian).

Bila corporate law firm, Anda harus mempersiapkan diri untuk benar-benar menguasai hukum perusahaan, bisnis, perjanjian, dan lain sebagainya. Tetapi kalau fokusnya di bidang litigasi, Anda harus menguasai semua hukum acara, baik itu hukum acara pidana maupun perdata. Mulai di dalam persidangan maupun di tingkat kejaksaan, di kepolisian maupun pengadilan.

  1. Jangan Gugup dan Tetap Percaya Diri dengan Memberikan Jawaban yang Meyakinkan

Usahakan untuk benar-benar memahami apa ekspektasi law firm tersebut terhadap Anda. Ini berarti mendeskripsikan diri Anda sendiri dengan baik dan meyakinkan sebagaimana yang ada dalam resume CV Anda. Ini mungkin tampak seperti memamerkan diri Anda dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki untuk menyingkirkan calon lainnya bahwa Anda adalah pilihan yang tepat dan yang diharapkan law firm tersebut. (Baca Juga: Enam Langkah Bagi Perusahaan Pertambangan untuk Memperkerjakan Tenaga Kerja Asing).

  1. Jangan Sungkan untuk Bertanya dengan Senior atau Orang Lain yang Tahu tentang Law Firm

Hal ini diperlukan agar dapat membantu sarjana hukum mengetahui medannya saat interview di law firm tersebut. Tidak hanya bertanya kepada senior, orang-orang yang punya pengalaman mengetahui perihal apa saja yang law firm tersebut harapkan pun harus dilakukan. Jika sudah bertanya, maka akan sangat bermanfaat sekali untuk kesiapan yang matang ketika Anda menjawab sejumlah pertanyaan yang akan diajukan saat interview nanti. Dengan begitu, sarjana hukum tersebut akan diberi nilai bahwa Anda memiliki keingintahuan yang besar terhadap law firm itu. (Baca Juga: Ini 5 Tips Agar Perusahaan Terhindar dari Kasus Korupsi).

  1. Harus Good Looking dan Memiliki Attitude

Kesan pertama itu juga penting karena dengan begitu Anda harus bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin. Pastikan Anda sudah berpakaian rapi, menarik, bersikap sopan dan ramah juga menjadi penilaian tersendiri. Itu juga hal yang menjadi penting ketika Anda interview di law firm yang akan dimasuki. Dengan penampilan yang baik dan menjaga etika, maka penilaian terhadap diri Anda akan meningkat dengan sendirinya.

(PHB)

TINGGALKAN JAWABAN

Masukkan komentar Anda!
Mohon masukkan nama Anda di sini

*